ACC Go To Jogja

Senin, 09 Agustus 2010

Pada tanggal 6 Agustus 2010, ACC bersama petani kluster jambu getas metah dan pisang raja bulu bertandang ke Yogyakarta dalam rangka peningkatan pengetahuan dan wawasan di bidang pertanian. Tujuan pertama rombongan ialah menyaksikan pameran diversifikasi pangan di halaman kantor BKPP Propinsi DIY. Dalam pameran tersebut, ditampilkan berbagai macam produk pangan olahan berbahan baku lokal seperti ketela, ubi jalar, sukun, ganyong dan pisang yang diolah menjadi kue, cake, krupuk, dodol dan lain-lain. Pengunjung diberi kesempatan untuk mencicipi hasil olahan tersebut serta bertanya pada petugas penjaga stand. Dari kegiatan pameran ini, para petani yang turut menyaksikan mendapat tambahan ilmu tentang jenis produk olahan serta cara pengemasan yang baik. Selain itu, juga dapat menambah jaringan pasar dengan pelaku usaha pertanian khususnya di wilayah DIY.

Kemudian kunjungan dilanjutkan ke Pakem untuk menyaksikan kebun buah naga milik seorang petani sukses, Gun Soetopo. Akan tetapi karena ada beberapa kendala, rombongan baru bisa sampai lokasi kebun ketika hari sudah gelap. Meskipun demikian, hal tersebut tidak mengurangi semangat rombongan untuk meninjau lokasi dan berdialog dengan petani penggarap kebun. Dari hasil dialog tersebut, crew ACC yang juga berprofesi sebagai PPL Pertanian serta petani kluster mendapat semangat untuk senantiasa berkarya dan memajukan pertanian.

Apapun kegiatan yang dilakukan, tampaknya akan kurang bermanfaat jika tidak ada tindak lanjut yang nyata. Oleh karena itu, dari kegiatan ACC go to Jogja ini diharapkan ada keberlanjutan yang dapat memberi manfaat positif, baik bagi personil ACC maupun bagi petani dan masyarakat luas. Pertanian kita bisa berjaya jika kita mau bergerak dan berusaha untuk mencapainya, bukan dengan angan-angan kosong atau sekedar konsep tanpa langkah yang nyata.

Salam SuksesMulia

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © Agri Care Community