PELATIHAN PISANG RAJA BULU : SUARA MERDEKA 4 AGUSTUS 2010

Rabu, 04 Agustus 2010

Alhamdulilah puji syukur ke hadlirat Allah SWT, kembali ACC diajak oleh kluster pisang raja bulu Kabupaten Kendal untuk ikut serta dan aktif memberikan peran aktifnya di masyarakat petani. hal ini membuktikan bahwa keseriusan teman-teman yang militansinya tinggi ini benar-benar sudah memahami perjuangan dalam menjalankan peran aktifnya di masyarakat. Tidak ada waktu terbuang kecuali buat petani dan kemajuan pertanian. Berikut kami kutip pemberitaan dari rekan wartawan Suara Merdeka hari Rabu 4 Agustus 2010.

KENDAL- Sebanyak 39 anggota Klaster Pisang Bulu, Kecamatan Patebon mengikuti pelatihan pengolahan pisang yang diadakan oleh Klaster Pisang Raja Bulu Kendal, Selasa (3/8).

Menurut Sarifudin, Sekretaris Klaster Kendal, pelatihan itu untuk memberikan ketrampilan para petani dalam mengolah pisang yang melimpah, khususnya di Kecamatan Patebon.
Selain itu, pelatihan itu juga meningkatkan kemampuan pengolahan pisang para petani pisang raja bulu yang ada di daerah tersebut.

“Diharapkan dengan pelatihan ini bisa meningkatkan penghasilan petani. Karena sebelumnya, banyak petani yang menjual hasil panen secara langsung. Dengan harga yang cukup rendah untuk pisang yang hasilnya kurang baik.”
Kartika Nursapto, anggota Komisi A DPRD Kendal yang mendampingi proses pelatihan itu mengatakan, produksi pisang raja bulu di Kecamatan Patebon cukup tinggi. Bahkan, khusus di Desa Bangunsari, Kecamatan Patebon untuk sekali panen tiap 15 hari sekali, para petani bisa mengirim satu truk pisang ke distributor.

Di Desa Bangunsari itu sendiri, ada sekitar 150 hektare lahan perkebunan pisang raja bulu. “Dalam sebulan petani bisa memanen dua kali. Diharapkan, dengan mengikuti pelatihan ini saat hasil panen melimpah bisa diolah sehingga memiliki nilai jual tinggi,” pungkasnya. (lan-52)


0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © Agri Care Community