Kendal Diambil dari Nama Sebuah Pohon

Minggu, 01 Agustus 2010

Mungkin belum orang yang mengetahui bahwa ada sebuah pohon yang bernama Kendal. Sejauh ini nama Kendal dikenal sebagai salah satu kabupaten yang terletak di propinsi Jawa Tengah. Ternyata jika dilihat dari sejarah, nama Kendal diambil dari nama sebuah pohon yakni Pohon Kendal.

Pohon yang berdaun rimbun itu sudah dikenal sejak masa Kerajaan Demak pada tahun 1500 - 1546 M yaitu pada masa Pemerintahan Sultan Trenggono. Pada awal pemerintahannya tahun 1521 M, Sultan Trenggono pernah memerintah Sunan Katong untuk memesan Pusaka kepada Pakuwojo. Menurut kisah, Sunan Katong pernah terpana memandang keindahan dan kerindangan pohon Kendal yang tumbuh di lingkungan sekitar. Sambil menikmati pemandangan pohon Kendal yang nampak "sari" itu, Beliau menyebut bahwa di daerah tersebut kelak bakal disebut "Kendalsari".


Dalam acara Pekan Seni dan Pameran Pembangunan (PSPP) kabupaten Kendal, pohon Kendal ditampilkan di stand Kantor Lingkungan Hidup. Acara yang dilaksanakan untuk memeriahkan hari jadi Kendal ini dapat dikunjungi mulai tanggal 29 Juli sampai dengan 5 Agustus 2010 di stadion baru Kendal. Dengan adanya acara seperti ini, diharapkan dapat memperluas pengetahuan masyarakat tentang segala hal yang terkait dengan Kendal, termasuk sejarahnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © Agri Care Community