Olahan Jambu Biji Merah Dipamerkan

Kamis, 05 Agustus 2010

Dalam rangka meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan petani jambu biji di kecamatan Pageruyung, diadakan program Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT). Program ini diikuti oleh 30 petani jambu biji, meliputi 14 kali pertemuan yang dilaksanakan satu minggu sekali dimulai dari bulan April 2010. Pada pertemuan mingguan ini, petani dilatih untuk melakukan pengamatan di lahan, meliputi pengamatan hama dan penyakit yang menyerang tanaman. Selain itu juga dilakukan pengamatan terhadap populasi musuh alami yang merupakan predaoir bagi hama. Setelah dilakukan pengamatan di lahan, kemudian dilanjutkan dengan diskusi atas hasil pengamatan dan dibuat kesimpulan harian. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian materi yang disampaikan oleh pemandu kegiatan. Selain materi, petani juga diajari untuk membuat membuat pupuk dan pestisida organik yang ramah lingkungan.

Pada pertemuan yang terakhir pada tanggal 5 Agustus 2010, dilaksanakan acara penutupan sekaligus field day program SL-PHT Jambu Biji yang bertempat di balai desa Tambahrejo Kecamatan Pageruyung, diikuti oleh 60 orang yang terdiri dari petani jambu, PPL, serta BPTPH Propinsi Jawa Tengah. Dalam kegiatan ini ditampilkan berbagai hasil praktek dari petani peserta SL-PHT meliputi pupuk organik, pestisida organik, buah jambu segar serta berbagai produk olahan seperti sirup, dodol, manisan dan selai jambu biji. Akan tetapi berbagai produk hasil praktek tersebut sampai saat ini masih dipasarkan hanya kalau ada pesanan karena masih diproduksi dalam skala kecil.

Salah satu peserta yang juga koordinator kegiatan, Widoko, mengharapkan ada tindakan lanjutan dari progam SL-PHT seperti pendampingan dari PPL maupun kerjasama dengan berbagai stakeholder terkait untuk memajukan jambu biji di kabupaten Kendal. Diharapkan juga ada kerjasama dengan Forum Rembug Kluster jambu getas merah yang merupakan wadah bagi seluruh petani jambu di kabupaten Kendal. Dengan kerjasama dari berbagai pihak ini, jambu biji merah varietas getas dapat menjadi buah unggulan kabupaten Kendal serta dapat menjadi komoditas yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © Agri Care Community