PROPOSAL KEGIATAN STANDARISASI PRODUK OLAHAN KHAS KENDAL (Psidium guajava & Mussa paradica)

Rabu, 11 Agustus 2010

A. LATAR BELAKANG

Kabupaten Kendal yang memiliki daerah dengan ketinggian dari dataran rendah sampai dataran tinggi, pastilah akan menyimpan banyak kelebihan dalam komoditas. Dalam bidang pertanian, kondisi ini memungkinkan adanya budidaya berbagai macam komoditas tanaman. Saat ini sudah ada minimal dua jenis komoditas pertanian yang dapat dikatakan sebagai ikon Kendal yaitu jambu biji merah varietas Getas, lebih dikenal dengan jambu biji getas merah, dan pisang raja bulu. Tanaman jambu banyak dibudidayakan oleh petani di daerah atas (dataran yang lebih tinggi) karena faktor agroklimat yang mendukung. Saat ini ada empat kecamatan yang sudah dapat memproduksi jambu dalam jumlah besar yaitu Patean, Sukorejo, Pageruyung dan Plantungan. Sedangkan tanaman pisang banyak dibudidayakan oleh petani di dataran rendah, seperti di kecamatan Patebon.
Tanaman jambu dan pisang merupakan jenis buah yang tidak mengenal musim, tetapi ada masa panen rayanya. Pada waktu terjadi panen raya, harga buah bisa menjadi sangat anjlok. Untuk mengatasi keadaan ini, diperlukan adanya pengolahan produk agar produk yang tidak layak jual masih tetap dapat dimanfaatkan. Selain itu, sudah saatnya pengetahuan tentang pengolahan yang terstandarisasi secara baku dibuat dan melengkapi syarat dalam hal perizinan dengan dinas terkait agar memberi manfaat pada petani yaitu dapat meningkatkan nilai jual, tidak menimbulkan dampak negatif terhadap konsumen.

B. TUJUAN

Tujuan kegiatan ini meliputi:
1. Meningkatkan pengetahuan petani akan produk olahan khas Kendal
2. Agar petani mengetahui standarisasi produk olahan yang dibuat
3. Memperluas jaringan dengan stakeholder yang terkait dengan produk khas Kendal

C. SASARAN KEGIATAN

Kegiatan ini akan diikuti oleh petani jambu getas merah (Abdul Kurnen Kluster Jambu Patean, Widoko Poktan Tani Makmur Pageruyung, Ponpes Al Barokah Plantungan), petani pisang raja bulu (Senen Kluster Pisang Raja Bulu Patebon), Ketua Fedep Kendal, ACC, dan pihak Praktisi Pengolahan Makanan dari Dinas terkait Kab Kendal serta Bappeda.


D. NAMA DAN BENTUK KEGIATAN

Kegiatan ini bernama “Standarisasi Produk Olahan Khas Kendal”, meliputi pemamaran materi yang terkait dengan pengolahan pangan, standar keamanan pangan, pengolahan dan pemasaran serta diskusi dengan seluruh peserta.


E. ORGANISASI PELAKSANA

Agri Care Community (ACC)
Jl. Raya Cepiring No. 172 RT. 07 RW. I Kec. Cepiring Kab. Kendal
CP. 0812 4949 4971
www.agricarecomunity.blogspot.com

F. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Hari / Tanggal : Sabtu, 14 Agustus 2010
Waktu : Pkl. 14.00 s/d 19.00
Tempat : RM Aldilla Kendal

G. SUSUNAN ACARA

NO WAKTU KEGIATAN Penanggungjawab acara KET
1 14.00 – 14.15 Sambutan ACC Kartika
2 14.15 – 14.45 Sambutan Ketua FEDEP Afifurrohman
3 14.45 - 19.00 Diskusi Zaqi
4 19.00 Penutup Panitia


H. PENUTUP

Demikian proposal kegiatan ini kami buat dengan penuh kesungguhan. Semoga kegiatan ini dapat terlaksana sesuai dengan apa yang telah direncanakan dan memberi manfaat sebanyak-banyaknya baik bagi peserta maupun petani jambu dan pisang serta masyarakat Kendal pada umumnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © Agri Care Community