Berbakat Jadi Hebat (Rio Purboyo)

Sabtu, 25 September 2010


Kali ini saya kutip beberapa tulisan dari FB Rio Purboyo, seorang Trainer sekaligus penulis dari Sidoarjo Jawa Timur,,semoga semakin menambah motivasi kita untuk menjadi orang hebat..

Yang kita inginkan sesungguhnya dari menulis secara rutin ialah aspek kedalaman
penguasaan. Kita jadi sadar bagaimana bakat kita muncul dan bagaimana ia bisa kita ubah jadi amalan unggulan, dengan berlatih, lagi dan lagi. Kita jadi mengerti betapa bakat yg ada bukanlah bakat yg matang, tapi bakat yg siap untuk dimatangkan. Inilah kepakaran yang sebetulnya.

Merasa nikmat | Merasa terlibat | Merasa bermanfaat. Menurut Martin Selligman, ialah cara berbahagia. Dan bukankah ini pula yg kita rasakan saat memaksimalkan penggunaan bakat. "Berbakat Jadi Hebat".

Salah satu rizki terbesar dalam perjalanan kepakaran, ialah kemudahan tersedianya sumber daya, yang terkadang entah darimana hadirnya. Yang bisa berupa bacaan yang cocok saat dibutuhkan, intisari pengalaman dari seseorang, diskusi intensif dengan guyuran pertanyaan yang memberdayakan. Siip khan? "Berbakat Jadi Hebat".

Menulis -bahkan dengan buku saku kecil pun- ialah kebiasaan "kecil" yang efektif dan praktis dalam melejitkkan kualitas bakat menuju kepakaran. Dengannya kita bisa melatih diri kita untuk tulis+produksi+revisi apa pun lintasan pikiran yang ada. Di dalamnya kita merefleksikan gagasan kita, entah sebagai pemilik, pengguna, pengedar, atau pun pengamat.

Ketika kuberubah, segalanya berubah bagiku. Semakin baik perubahanku, dalam pandanganku, semakin baiklah dunia di sekelilingku. Mungkin itu sebabnya kita diajarkan untuk perbaiki diri, lagi dan lagi, hingga gunakan seluruh potensi kebaikan yang tersedia. Dengannya masa depan jadi lebih baik, meski bisa jadi tidak mudah. Toh, setelah kesulitan hadir kemudahan bukan?

‎"Seringkali kuberhasil saat kerjakannya | Orang lain bilang padaku bahwa aku berbakat kerjakannya | Kupernah dipergoki dengan penghargaan/pujian karena hasil kerjaanku." ialah 3 dari sekian penanda BAKAT TERBESAR kita. Sudahkah kenalinya? Seringkah gunakannya?

Salam SuksesMulia

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © Agri Care Community