Laporan Fedep Expo

Rabu, 21 Juli 2010

Pada hari Rabu tanggal 21 Juli 2010, di kantor Bappeda Jawa Tengah mulai jam 08.00 sampai dengan 16.30 WIB telah diselenggarakan acara seminar dan pameran produk-produk yang selama ini telah dibina dan dilakukan pendampingan kerjasama antara Bappeda pada masing-masing kabupaten, propinsi dan kalangan swasta yang pendanaannya dibantu oleh semacam bantuan asing dari Jerman.

Acara seminar yang memperbincangkan tentang pengembangan pendanaan seperti UMKM bagi klaster-klaster dilakukan di kantor Bappeda lt. VI, yang diikuti oleh perwakilan dari semua kabupaten yang ada di Propinsi Jawa Tengah ini. Sebagai narasumber adalah dari Bank Indonesia Cabang Semarang. Maksud dari seminar ini adalah untuk semakin menumbuhkembangkan klaster-klaster yang ada agar ketika pendampingan kelak dilepas maka usaha-usaha yang dilakukan semakin meningkat dan berkembang serta dalam pencarian kebutuhan modal tidak mengalami kesulitan.

Sedangkan di halaman kantor Bappeda diselenggarakan pameran produk-produk unggulan dari masing-masing klaster yang dikembangkan dari kabupaten dilingkup Propinsi Jawa Tengah. hampir semua kabupaten mengirimkan produk olahan dan usahanya. Meski pengunjung yang datang masih terbatas dari kalangan PNS dilingkungan kantor Bappeda dan Pemkot Semarang, namun antusias mereka untuk membeli sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan laris dan habisnya barang-barang yang dijual oleh klaster-klaster tersebut.

Tidak terkecuali Kabupaten Kendal yang mengirim produk olahan Jambu Getas Merah yang berujud Sari Buah, Sirup dan Dodol habis dibeli oleh pengunjung. Demikian pula bibit Jambu juga habis terbeli. Tidak ketinggalan Pisang Raja Bulu yang menjadi salah satu icon Kendal juga ludes tanpa sisa.

Kegiatan seperti ini memang sangat bermanfaat untuk semakin meningkatkan semangat khususnya petani untuk berkarya, berinovasi dan tekun dalam memasarkan produk-produknya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © Agri Care Community