Menteri Pertanian, Kowani Teken MoU Penganekaragaman Pangan

Sabtu, 08 Mei 2010

Penulis : Siska Nurifah
JAKARTA--MI: Menteri Pertanian RI Suswono bersama Kongres Wanita Indonesia (Kowani) yang diwakili Dewi Motik, sepakat melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dan pencanangan Gerakan Hari Tanpa Nasi Mendukung Gizi Seimbang untuk Kesehatan dan Kecerdasan Anak.

Kesepakatan tersebut dalam upaya percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal agar terwujud komsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman dalam jumlah dan komposisi yang cukup, guna memenuhi kebutuhan gizi.

Disamping itu pegurangan konsumsi beras juga menjadi fokus utama gerakan ini. "Dengan gerakan ini saya yakin bahwa penurunan konsumsi beras sebesar 1,5% pertahun akan dapat dicapai," tegas Suswono di Jakarta, Jumat (7/5).

"Suatu saat kita akan kesulitan menanam padi karena suasana iklim yang berubah-ubah. Ini merupakan tantangan bagi sektor pertanian. Mengingat konsumsi beras perkapita secara nasional masih tinggi. Dan kondisi tersebut akan menyulitkan kita di masa akan datang karena penduduk bertambah terus sekitar 1,34% per tahun," ungkap suswono.

Suswono mengungkapkan bahwa saat ini ketergantungan Indonesia terhadap beras sangat tinggi. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), konsumsi beras di Indonesia sebanyak 139 kg/kapita/tahun. Untuk konsumsi rumah tangga 110 kg per kapita per tahun. Sedangkan negara lain konsumsi berasnya lebih rendah, seperti Malaysia 90 kg/kapita/tahun, Brunei 80 kg/kapita/tahun, dan Thailand 70 kg/kapita/tahun. "Kami menargetkan 2014 sudah harus dibawah 100 kg per kapita per tahun," tegasnya.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan dalam dua tahapan, yaitu tahap I (2009-2011) dan tahap II (2012-2015). Keberhasilan gerakan tersebut ditentukan dengan skor Pola Pangan Harapan (PPH) dimana apabila tercapai kondisi skor PPH 88,1 pada tahun 2011 dan skor PPH 95 pada tahun 2015. (*/OL-03)

Sumber: www.mediaindonesia.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © Agri Care Community